Kamis, 24 Maret 2011

Membuat design ketukan drum atau perkusi pada Cubase 5

Fitur ini adanya di Midi Insert artinya, bila kita mau memanfaatkan fitur ini pertama kita pilih project > Instrument > Standard drum (misal). Setelah track instument drum masuk > Midi Insert > Beat Designer (posisi on tekan - e). Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Membuat ketukan bisa pada posisi 16,  1/16 atau kalau banyak pariasi ketukan bisa pada posisi 32, 1/16. Artinya 16, 1/16 untuk 1 bar, sedangkan 32,  1/16 untuk membuat ketukan per 2 bar (bar = birama). Setelah beat pertama kita buat kemudian kita masukan ke track yang kita kehendaki caranya (lihat gambar), pilih tanda panah ke bawah > insert to ....(at cursor atau right atau left, terserah maunya). Yang jelas bila mana sudah masuk pada garis track,  posisi beat hasil buatan tadi bisa kita gasar geser lagi sekehendak kita.
      Membuat beat dulu atau membuat melody lagu dulu ? Jawabnya terserah maunya. Untuk memudahkan kita membuat ketukan sebaiknya kita rangkai alunan melodinya dulu. Dengan catatan waktu memasukan track melody (baik melalui audio atau midi) harus mengikuti ketukan metronom. Mengapa?  Agar saat mengisi beat drum tidak rancu atau kejar-kejaran. Beat designer sudah diformat ketukannya mengikuti ketukan baku metronom. Jadi kalau melody sudah masuk metronom boleh kita matikan lagi > kita isi beat designer.
      Berikutnya, setelah itu dan seterusnya kita bisa membuat lagi beat desiger yang lain-lainnya dengan cara memindahkan letak penyimpan beat (ditunjukan pada gambar tuts piano pada beat designer). Dimulai dari tuts c, cis, d, dis dst. Untuk pola drable audio atau suara rangkap bisa pilih di situ (lihat gambar), kemudian klik mau drable berapa kali. 2x, 3x ,4x dst. Tinggi rendah frekwensi volume ditujukan dengan warna tombol beat. Beda warna (terang/gelap), membedakan volume pukulan/beat.
      Perlu diingat posisi beat designer saat audio play back (kita putar  play), harus dalam keadaan Off. Mengapa? Agar suara tidak tumpang tindih atau mengganggu beat designer yang telah kita buat tadi.

Semoga bermanfaat. Kalau sudah bisa .....selamat jalan ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar