Kamis, 12 Januari 2012

Mengedit Tempo Lagu Yang Sudah Jadi

Sebelumnya mohon ma'af nih, buat pelanggan blog Vidia Music Studio. Dah lama Vidia Music tidak update tulisan, dikarenakan sibuk pekerjaan sehari-hari, ditambah dirumah susah sekali koneksi internetnya, jadi ya sesempat-sempatnya jam kantor kalau lagi tidak ada pekerjaan. Eh, malah sekarang ditambah juga pekerjaannya untuk menangani admin SMAN 1 Kroya, akhirnya ya lumayan lebih repot lagi. Sebetulnya tenaga untuk itu tidak begitu berat, hanya mengatur waktunya yang susah, kalau meninggalkan tugas pokok ngajar...wah itu salah juga. Akhirnya ya...asal sama-sama jalan saja lah walaupun lambat, asal selamat (ups...nglantur..).

Nah,  sekarang ada sedikit waktu lumayan mau sharing "Bagaimana mengedit tempo lagu yang sudah jadi".
Sebetulnya hal ini adalah pekerjaan yang mudah sekali, apalagi saat membuat lagunya 100% pakai midi. Itu tidak jadi masalah. Yang jadi masalah, bilamana kita mengaransir atau membuat lagu menggunakan midi dan input audio. Bagaimana?
Vidia Music sengaja sharing, karena kejadian ini pernah dialami sendiri. Saat itu membantu merekamkan lagunya pelanggan menggunakan gabungan midi dan input audio. Setelah lagu jadi, katanya lagunya temponya kurang cepat sedikit. Lalu dijawab...oh kalau itu mah mudah, selesaikan saja lagunya dulu setelah itu mengedit tempo.

Bila menggunakan software cubase, tentu ini kesulitan sekali. Karena kalau diubah temponya, yang berubah hanya midinya saja, sedangkan audionya tetap, sehingga hasilnya akan rusak alias amburadul..hehe. Begitu ceritanya.

Lalu bagaimana solusinya? Solusinya bisa menggunakan software Magix Music Maker atau Ableton Live, dengan catatan format file lagu harus berekstensi .wav atau .ogg sedangkan pada Ableton harus berekstensi .wav. 
Catatan; seperti biasa impor file > ok > setelah masuk atur tempo menurut selera, lihat gambar di bawah ini:

Ok, Salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar