Rabu, 17 April 2013

Rewire Cubase vs FL Studio

Rewire bisa dipahami sebagai kerjasama dua aplikasi dalam satu pekerjaan/project. Misalnya sedang mengaransir musik menggunakan Cubase, terus menginginkan efek dan insrumennya diambil dari vst FL, maka cara rewire ini lebih tepat. Sebelum memahami ini, mungkin saja kita pernah mengekspor - atau mengimpor data kerja untuk diolah ke dua aplikasi di atas. Tetapi setelah mengetahui, lebih baik gunakan cara rewire saja, walaupun terkadang hambatannya bila track yang digunakan terlalu banyak unsur midinya sedangkan spec komputer kita terbatas,  apa boleh buat kerjaan malah terhambat, karena terjadi nge hang atau kerja komputer lelet (berat).
Caranya mudah, lihat saja gambar di bawah ini:
1. Tambah track baru, add instrument.
2. Isi Vst slot > pilih FL
3. Pilih instrumen, dibawah slot vst dengan istrumen yang diinginkan.
4. Untuk menambah  data instrumen pada slot instrumen klik gambar Fruity Loop (gambar buah).
5. Bila gambar Fruity kita klik otomatis aplikasi masuk ke FL, modifikasi intrumen di FL,  kemudian untuk kembali ke Cubase tinggal klik tanda silang (x ....tanda tutup/close) yang ada di FL.
Untuk sekedar apresiasi bisa dengarkan lagu maestro tarling H. Dariah (alm.) yang sy aransemen.
Cibulan - karya maestro tarling H. Dariah (alm.) by Rndm. Sy buat 100%  via  midi.
Diman MD - Cibulan  nah,  yang ini sudah ada vokal dan bamboo flute, teman yang nyanyi  (iseng). Ngisi vokal di kantor sambil nunggu hujan reda (cuaca di luar hujan), saat  jam pulang kerja.
Salam dan selamat berkreasi...

Yang sedang Ujian Nasional semoga diberi kemudahan...amiiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar