Selasa, 05 Agustus 2014

Rewire Cubase 5 dan Ableton live 9

Salamualaikum, selamat berlebaran dan berhari raya idul fitri. Mohon ma'af lahir bathin bagi pembaca dan pelanggan blog ini barang kali selama 1 tahun berjalan ada tulisan-tulisan  yang tidak berkenan mohon dima'afkan. Vidia music pernah mengeposkan tulisan rewire Cubase dan FL studio.
Kali ini bagi yang memiliki software Cubase dan Ableton live bisa juga sekali-kali di coba dikombinasikan ke dalam 1 project menggunakan 2 aplikasi.
Rewire Cubase dan Ableton artinya Cubase jadi hostnya dan Ableton jadi pelengkap. Artinya bila butuh instrumen atau efek (bukan plugin), artinya efek bawaan Ableton.  Plugin saat rewire hanya bisa ditampilkan di host saja (Cubase) di Ableton plugin-plugin yang biasanya tampil tidak nampak lagi. Ingat 2 jadi 1 (two in one). Kita mulai....
1. Kita buka soft. cubasenya dan buat project baru
2. Klik device > Ableton live rewire....akan tampak seperti gambar di bawah ini;
Jika di klik mix L otomatis Mix R juga nyala dan akan bertambah chanell pada track cubase (Rewire channel). Kalau yang di klik itu artinya....hasil mix pada ableton berapa track pun pada track ableton autnya L/Rnya dikirim ke track mix L - Mix R tersebut.  Ini lebih simpel tapi resiko suara bisa jadi tabrakan mengapa? Karena ada 2 output. Tapi kalau seneng suara yang pada tabrakan silahkan saja cara seperti di atas...hehehe..

Bagaimana agar suara tidak tubrukan (yang tubrukan frekwensinya pada pembagian chanell R/L nya ...setereo dari output ableton > out setereo output cubase.....ngisi memang tapi terlalu bertumpuk juga kan nda enak didengar...sedangkan telinga kita hanya dua...hehe
Solusinya gunakan chanel bus  (saluran..) ada banyak saluran di situ (bus). Matikan mix kita pilih yang bus..
Bus 3/4 (artinya L/R) untuk gitar yang dimainkan di Ableton atau instrumen dari ableton
Bus 5/6 (artinya L/R juga) untuk string yang diambil dari instrumen punya ableton

Jika pembaca klik track gtr tadi lewat kontroll di cubase insyaAllah tidak akan bunyi, karena itu sumbernya dari ableton. Jadi untuk membunyikannya buka software Ableton-nya.
3. Kita buka soft. Ableton, buat project baru namanya sama dengan project pada cubase tadi (maksudnya untuk memudahkan pencarian - cuma kan nanti extensinya berbeda. Kalau cubase. cpr........sedangkan Ableton.als.



Hmmm..........tentunya pembaca harus menguasai ke dua aplikasi tersebut jika tidak. pussssiiiiiiinngnnggg.
Baik, gambar di atas hanya contoh,  tapi sebelumnnya langkahi dulu langkah di bawah ini jika tidak maka suaranya tidak menyatu dan tidak sinkron.

4. Klik icon ableton, kita masuk ableton kita buat track (misalnya midi track).
Kita pilih (misl) instrument guitar open dari ableton, sy nda ngajarin caranya (kan tadi syaratnya menguasai Ableton). Yang paling utama adalah pengaturan outnya. Kita isi outnya Audio to...."Rewire out"  bawahnya isi "bus 3/4".
Artinya instrumen yang kita mainkan di ableton akan masuk di chanell track cubase pada bus 3/4 tadi. Dah ...selanjutnya sama caranya seperti itu. Jadi pakailah bus.....
Kembali ke gambar di atas. Artinya sudah membuat 1 track di host cubase dan 2 track tambahan instrumen ableton.
Untuk mixingnya bagimana ?  Mixing utama di host Cubase. Sedangkan pada Ableton tidak untuk mixing utama tapi untuk menentukan  karakter suara saja (equalizing, compressing . . . ).
Jadi  Gambar di atas merupakan mix host cubase sebagai mixing utama yang akan menentukan karakter out yang sebenarnya. Di situ pada tiap tracknya (e) bisa di isi plugin atau fx yang pembaca suka. Tapi kalau terlalu banyak di pasang fx atau plugin resiko kerja komputer berat....yah..yang wajar-wajar saja (natural).
Nah, yang ini mixer pada ableton biarkan saja pada posisi pan center (tengah), karena per PAN ningan adanya di mix utama,  host cubase. Bagaimana kalau di sini di atur paningnya....boleh tapi artinya ini  jempbreng sana - jembreng sini, repot................
Sampai sini dulu nanti dilanjut dengan project sample yang bisa pembaca download.
Salam ....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar