Minggu, 14 Agustus 2016

Belajar Arr. dari Sample Vokal Youtuber

Bismillah. Suatu saat kita membuka-buka lagu yang ada di youtube dan mendapatkan sesuatu yang kita sukai dan ingin rasanya kita ikut main musik di dalamnya. Apalagi lagu yang diuploadnya suara vokalnya pas atau enak didengar alias tidak fals. Sebagaimana yang Vidia Music Studio baru coba, menjumpai lagu oleh "Justcall Rosse" :

1.  https://www.youtube.com/watch?v=fRyJ5Spoom4 (sumber cov. hidupku sepi tanpamu)
2. https://www.youtube.com/watch?v=Ao5Eo2Lx4U4 (summber cov. tetap dalam jiwa)

Nah di lagu tersebut, Vidia Music Studio mendownload mp3nya kemudian di oleh menggunakan Cubase 5 dan menambahkan beberapa track baru di dalamnya. Tarck yang Vidia Music tambahkan diantaranya: Drum, setring: viola dan violin, dan terakhir bass. Hasil dari penambahan tersebut bisa pembaca simak di

1.  https://app.box.com/s/2j7ivd83folc8vs9d6c47yxwsk2ftj2v (hasil cov. hidupku sepi tanpamu)
2. https://app.box.com/s/gavaob31udjosdee2nfubitqncm547z4 (hasil cov. tetap dalam jiwa)

Kelemahan dari arr. cara seperti ini adalah tempo tidak fix (tidak tetap) kadang naik kadang turun, bahkan mungkin di bagian-bagian tertentu ada yang janggal. Kelemahan ke dua yang sangat menonjol yaitu suara vokal yang begitu terkompres karena sumber audio dari awalnya hanya 94 -111 kbps.  Akan tetapi kesan dari belajar arr. ini adalah "Sesuatu yang sederhana jika kita poles sedemikian rupa akan membawa nuansa rasa yang berbeda".

Pada hasil arr. sederhana tersebut Vidia Music tidak merubah warna apapun pada vokal dan instrumen aslinya (vokal + gitar acoustik).
Selamat  belajar dan mengapresiasi "Learning by doing".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar