Rabu, 03 November 2010

Belajar Software Recording FL STUDIO 9

FL STUDIO 9
Sebelum beranjak membuat suatu rekaman pertama harus menentukan dengan sofware apa kita menggarapnya. Banyak sofware-software yang bisa digunakan untuk recording sekarang, baik yang paling sederhana sampai pada software yang paling lengkap sekalipun. Kalau menggunakan software yang sederhana biasanya digunakan untuk rekam live dimana audio yang masuk hanya satu chanel saja. Kemudian ada juga software yang agak lengkap bisa digunakan untuk beberapa track audio. Yang paling lengkap adalah software yang didalamnya bisa diisi dengan banyak track audio juga bisa diisi dengan input midi atau instrument bawaan dari software tersebut atau yang umum disebut VST (Virtual Sound Teknologi) baik itu untuk jenis suara alat musik melodis ( memiliki susunan nada do, re, mi,  fa, so, la, ti, do) maupun alat musik ritmis (difungsikan untuk mengatur ketukan berikut variatifnya) misalnya drum, simbal, tamborin dan sejenisnya.

Baik kita mulai dari DAW (Digital Audio Workstation) yang sering saya pakai yaitu FL 9. Sebelumnya software FL 9 harus sudah terinstal di komputer anda. Kemudian buka maka akan tampil susunan sebagai seperti di samping.
Langkah berikutnya yaitu kita mengatur system input dan output suara maksudnya agar projek yang kita kerjakan bisa berjalan dengan baik dan stabil.


Ikuti langkah berikut:
1. Klik Option, klik Audio Seting, kemudian pilih ASIO4ALL. Nah setelah itu klik tanda X untuk keluar kembali. Lebih jelas nanti akan tampil seperti  gambar di samping.







2. Buka chanel mixer. Posisi mixer ada di sebelah kanan atas (lihat Gbr. samping). Klik, kemudian atur posisi Master dan kita beri efek yang umum atau biasa digunakan yaitu Fruity multiband compressor, Fruity Parametric EQ2, Fruity stereo enhancer, dan Fuity limiter (fuity limiter biasanya sudah terseting secara otomatis di master). Pada input master biarkan none. Sedangkan pada outputnya  disesuaikan dengan sound cart pada komputer yang kamu  punya   ( kebetulan saya pakai HD audio output ) jangan pilih yang HD digital output.

3. Nah berikutnya kita siap merekam audio (suara) dari input komputer kita,  biasanya chanel input pada komputer  berwarna merah menggunakan jack stereo ukuran kecil (banyak dijual di toko elektronik) usahakan jack jangan merakit sendiri khawatir terjadi konsleting, mending beli ajah murah kok. Bilang aja jack audio stereo (harganya antara Rp 7000 - 15000) pilih yang mahalan dikit biar lebih ok...dan awet....karena kalau kabel murahan kadang stereonya tidak sempurna dan ada storing atau bunyi desing..Baik kalau sudah paham kita langsung aja lihat gambar di bawah ini (perbesar aja gambarnya biar jelas) bisa langsung disitu saya beri tanda berikut keterangannya. Saya yakin kalau kamu cerdas cepat memahami maksudnya....hahahaha......percaya. Langkahnya:
  1. Masuk chanel 1 klik kanan pilih Audio loger. Kemudian berinama dengan cara klik kanan Rename
  2. Setting audio Input pilih yang ada pada komputermu
  3. Setting audio Output pilih None
  4. Posisi main pilih Pat untuk tidak menyertakan audio/midi yang sudah masuk. Pilih Song untuk menyertakan audio/midi yang sudah masuk. Pertama pilih Pat aja dulu. Pat = Pattern atau pola sebagai patokan lagu.
  5. Setting waktu yang dibutuhkan untuk merekam dengan cara menambah atau mengurangi timing disitu default 5 menit. Lebih baik tambah aja biar ga tekor. Karena kalau tekor rekaman kita akan terpotong di awal lagunya.
  6. Klik Play untuk memulai merekam. Ingat play yang ditekan yang di atas jangan yang di bawah (edison).
Dah..... selamat mencoba......Saya menerangkan begini karena terdorong oleh permintaan temen suruh menerangkan secara rinci. Padahal menurut saya sendiri kalau sering ngoprek...atau ngotak ngatik pasti bisa...ya..... yakin pasti bisa.....jare wong  Indramayu "barang katon masa jeh bli bisa....." ya  itulah........
Nah ....ini lihat hasilnya :
  Contoh glombang seperti ini adalah glombang rekam live. Artinya seluruh alat musik bunyi semua sehingga glombang suara yang dihasilkan besar dan lebar. Bila proses rekam sudah selesai kemudian tekan tombol stop, kemudian untuk menyimpan tekan gambar disket (save). Hasil rekam tersimpan dalam format wav. Ini cara sederhana alias tidak berbelit untuk proses rekam live. Kemudian untuk merubah format wav tadi kedalam bentuk MP3 bisa dikonverter atau kalau dikomputernya ada instalan adobt audition 1.5 bisa disaring lagi di sana......barangkali masih ada efek hiss (desing yang diakibatkan... biasanya oleh kebocoran kabel...atau ground). Gunakan effek hiss reduction pada posisi "Light hiss reduction" default pada angka 5....kalau masih ada suara hiss bisa di tambah angkanya......geser ke kanan (sambil dimainkan ..klik Previwe geser ke kanan). Pada saat ngedit glombang harus diblok,......masih pada posisi blok kemudian "save....pili format mp3..ok) dah....jadi  tuh....buktikan hasilnya......!

MEMBUAT PLAYLIST
Playlist artinya daftar main. Maksudnya begini  glombang suara atau audio hasil taking dari edison tadi kita transfer ke playlist.

Misalnya track 1  acustik
Bila sudah diedit dan sudah yakin dengan bentuk audio yang kita inginkan maka berikutnya dari edison tadi kita transfer ke playlist.
Lihat gambar di samping....






Berikutnya juga harus diperhatikan......gambar di bawah ini (clik untuk memperbesar gbr)
Untuk memutar playlist > play (perhatikan indikator harus pada posisi song)...
Kalau teknik ini sudah bisa, baru pelajaran berikutnya yaitu membuat playlist dengan midi (musik digital....misalnya kita gunakan drum atau instrumen lain yang disediakan pada software FL 9 - midi bentuknya tidak berupa gelombang suara tapi seperti balok-balok kecil......penasaran.?...nantikan blog berikutnya dengan judul  ... "Membuat Musik Digital (Midi)"

2 komentar:

  1. gan mau tanya .mengapa saat saya ingin merekam dengan fruity loops 11.terdengar suara seperti semut tauran di tv gan.itu terjadi saat saya mengganti input/output nya asio4all.bagaimana cara mengatasinya??

    BalasHapus
  2. Jika masih memakai soundcard internal (onboard) memang resikonya suka seperti itu, untuk hasil yang maksimal gunakan soundcard eksternal.

    BalasHapus