Kamis, 10 Februari 2011

Mencari ide melalui file-file midi yang ada di situs internet

Pernahkah kita kehilangan ide atau tidak ada ide atau gagasan yang masuk sama sekali? Atau kalau pun ada rasanya sudah membosankan dengan ketukan-ketukan drum tertentu. Tentu jawabannya pernah. Begitupun saya terkadang yang setiap hari mendengarkan pemain band yang latihan sepertinya ketukannya ko begitu-begitu juga. Atau permainan rytmis gitarnya begitu-begitu juga. Yah akhirnya membosankan.
Nah kalau pernah mengalami hal seperti ini bisa kita cari ide melalui file midi dari sofware guitar pro atau gudang midi file di sini. Lengkap untuk berbagai jenis genre musik. Mulai dari dangdut, keroncong, rock, funk, havy metal dan segudang lagu lain hadir disini.

File midi  lagu Indonesia download
File guitar pro download
File midi lagu barat download

Untuk proses mengolah lagu dari file midi, yang pernah saya alami lebih mudah menggunakan sofware Cubase 5.1. atau kalau tidak punya cubase 5 nya pakai cubase versi sebelumnya juga tidak apa. Karena pernah mengolah file midi impor menggunakan Sonar dan FL pernah saya coba banyak mengalami kesulitan entah kesulitannya dari sofware yang saya miliki atau memang operatornya yang saya tidak pahami. Tapi begitu menggunakan sofware Cubase file midi yang kita impor terbaca sempurna dan tidak ada perubahan, malah kalau pun rubah akan lebih bagus dari aslinya. Tinggal kemudian kita memixingnya kembali kemudian edit suara drum yang kita kehendaki dan suara instrumen lain yang ingin kita pakai, maka jadilah. Setelah itu bisa juga kita isi langsung menggunakan input pakai gitar atau melody asli langsung dari input audio misalnya.
Bila mana musik yang kita kehendaki sudah pas dengan yang kita inginkan baru kita isi vokal di situ.
Nah, jadi itu kelebihan mengedit file midi menggunakan komputer akan lebih unggul dari pada mengandalkan transfer midi dari satu keyboard  ke keyboard lain atau dari satu organ ke organ lain.

Untuk mendownload file midi dari guitar pro tentu harus sudah terinstal dulu sofware guitar pro nya. Terserah mau menggunakan guitar pro versi berapa. Walaupun sekarang guitar pro sudah versi 6. Tapi guitar pro versi 4 dan 5 juga masih kompatible.
Untuk mengambil file midi dari lagu guitar pro yang kita download caranya, kita buka  dulu file lagu nya kemudian kita keluarkan format midinya dengan cara > file > eksfor > midi file...
Setelah itu kita buka sofware cubasenya kemudian > file > impor > midi file...
Ya sudah tinggal kita selanjutnya bekerja mengedit sesuai kehendak kita.

Kita juga bisa mengambil slice-slice (atau penggalan - penggalan) irama berupa drum yang menarik untuk kita jadikan format lagu baru. Apakah boleh? Jelas boleh karena yang namanya produk kreatifitas itu tidak harus baru 100%, akan tetapi boleh sebagiannya adalah produk lama yang kita modifikasi kembali sehingga kesannya adalah lebih baru atau tampak baru.

Bila mana butuh sofware Guitar pro,  di alamat tersebut di atas juga sudah tersediakan tinggal download saja.
Untuk penggambaran bisa lihat gambar di bawah ini:

File mentah berupa not balok pada Guitarpro, yang kemudian diekspor dalam bentuk midi yang siap diedit dengan software Cubase.


Setelah proses ekspor dari Guitar pro, kemudian file midi dari guitar pro tersebut  kita panggil melalui file > impor > midi... di cubase.

Setelah file midi masuk di cubase kita bisa mengeditnya, terutama suara drum. Karena biasanya posisi suara drum walaupun track midi nya masuk tapi Vst nya masih kosong. Nah kita isi VST drum tersebut sesuai dengan selera kita ( drum kit, rock, dance, hard rock, pop atau standar kit ). Untuk suara alat musik yang lain juga caranya sama.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar