Senin, 28 Mei 2012

Audio Master Wavlab, TRacks 3, EZmix2

Resep sederhana  tapi hasilnya dikatakan lumayan (diartikan; bilamungkin ada yang bisa lebih bagus lagi), kita membuat audio master, yang biasa disebut dengan istilah mastering. Tentunya setelah lulus tracking, balancing, panning. Wavlab, selain bisa untuk mengedit audio juga bisa digunakan untuk sekalian memastering karena di sana tersedia slot-slot yang bisa kita isi dengan VST. Salah satu VST yang bisa digunakan untuk membuat master audio yaitu TRacks 3, dan EZmix2. Kita bisa gunakan kedua VST tersebut dan tempatkan pada slot fx Wavelab. Lihat gambar:

Di situ kita tinggal memilih beberapa alternatif  baku pemasteran, atau bisa juga diatur sesuai selera sendiri.
Jangan lupa, saat memaster pasang juga pada slot fx fungsi decliker dan denoiser. Ini berfungsi untuk mengatur seberapa ketajaman audio dari segi kuat dan lunaknya  (bass drum, snare, simbal, atau clik rytem guitar - ini yang paling kuat terbaca). Denoiser digunakan untuk mengurangi suara noise (gaduh atau bising).
Oleh karena itu bagi yang lagi belajar membuat rekaman lagunya sendiri, bisa dicoba resep ini agar hasil rekamannya lebih ngejreng.  O ya, untuk EZmix2 bila belum mendapatkan versi fullnya sementar bisa menggunakan yang demo dulu. Beda yang full dengan yang demo EZmix2 hanya pada pembatas waktu . Kalau yang full non limit, sedangkan yang demo kita harus bisa mengedit cepat karena limit waktunya hanya 15 menit. Tapi jangan khawatir karena untuk membuat audio master  paling banter (ini kalau sudah biasa) hanya memerlukan waktu sekitar 8 - 10 menit.  Hmm, tapi boleh juga kalau memang tertarik dengan software tersebut agar dari demo menjadi full, caranya install  yang demonya kemudian buka dengan ini.  Untuk lebih yakin buktikan sendiri. Nih link download nya:

TRacks 3 download
EZmix2 download

Wavelabnya ...silahkan cari sendiri...
Nah ini, ada 1 sample lagu sederhana, yang sebetulnya diambil dari midi nada dering, kemudian diedit di Cubase, terus dimastering dengan wavelab, Tracks3 dan Ezmix2 ...judulnya Sebatang Pohon.

Sebatang Pohon.mp3 download 

Lagu sederhana hasil arr. vidia music, record in cubase 5.1, mastering in wave lab 6, used vst; Tracks 3 and EZ mix2.
Eva Ernita - untuk apa.mp3 

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar