Rabu, 12 Januari 2011

Arransement Music Menggunakan Software LMMS (Linux Multimedia Studio)

     Software LMMS ini, cara kerjanya kurang lebih sama dengan FL. Hanya fitur-fitur nya lebih sedikit dan lebih sederhana dari FL. Cocok sekali untuk mereka atau kamu-kamu yang seneng dengan aliran musik house musik,  hip-hop atau dance. Semua suara yang kita arransement di lmms menggunakan VST (virtual sound teknologiz) atau suara buatan yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik. Sebagian besar suara dikemas dan dilengkapi juga dengan suara syntesizer (unsur synth atau dengung halus sesuai dengan nada atau akor yang dimainkan sehingga kesannya musik tidak kosong atau tidak sepi).
    Tingkat pengembangan software ini hanya baru mencapai angka 0.4.9  maka dibelakang LMMS 0.4.9. Dulunya hanya bisa dipakai di Linux. Tapi sekarang sudah disediakan untuk windows. Kelebihan dari softwar ini yang saya rasakan tanpa mastering pun sepertinya suara sudah mendekati sempurna. Yang penting balancingnya bagus, sudah beres dan bisa dinikmati.
     Karena seluruh suara yang diarransement di situ menggunakan VST via sequencer maka bila ingin dipadukan dengan audio harus punya software lain, misalnya Au 1,5 atau Au 3. Caranya, setelah format musik yang menggunakan VST jadi kemudian kita ekspor ke Au,  bisa pilih format wav atau Ogg, at mengekspor gunakan sample rate 48 dan bitrate 24 atau 32  supaya suaranya lebih bagus dari pada menggunakan sample rate 44 dan bitrate 16, misalnya). Kemudian kita buka Au 3 nya, masuk pada chanell track kita panggil via; file > impor.
Audio dari lmms kita letakan pada track 1
Audio berikutnya kita letakan pada track 2 , 3, dst.


Contoh hasil garapan  menggunakan lmms bisa didengarkan sendiri pada sample "Kompilasi Vidia", keterangan ada dalam kurung ( lmms )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar