Kamis, 23 Desember 2010

Menggunakan Soundpool di FL 9 atau Au3 atau Cubase 5

Soundpool atau kumpulan loop-loop musik. Yang namanya musik harmonisasi dari instrument ritmis (drum, perkusi) dan Melodis (gitar, bas..) dan Harmonis acord (rytem gitar, dan kyboard). Nah sekarang kita latihan membuat musik (Arransement) dengan format dasarnya saya berikan di sini dan bisa kamu download (kurang lebih 5.5 MB). Yang saya berikan adalah format drum dulu, kemudian bass, kemudian, rytem, melody harmonis lainnya. Tugas kamu tinggal merangkai-rangkai saja. Tapi boleh juga kamu kalau ada ide input / take sendiri. Misalnya yang diambil hanya drumnya saja kemudian instrumen lainnya input sendiri,   boleh.
Silahkan bebas,  kita berkreatifitas di sini saya tidak bisa membantu karena tentu selera tiap orang berbeda maka ....ya terserahlah (jare wong jawa mah....arep abang arep ijo......masa bodo...) yang penting inspiratif kita tersalurkan. Dari pada membajak karya orang mentah-mentah masih mending kita berangkat belajar dari dasar biar tidak jadi pembajak.
Suara drum dan yang lainnya tidak usah diedit lagi,  sudah....jadi ko...tinggal nanti kalau instrument sudah masuk semua, coba kamu mixing (atur tinggi rendahnya suara masing-masing input, panning/balance) baru kemudian mastering.

Download

Kalau sudah di download Caranya begini. Open dengan Win.rar  > extrack > pada polder dimana kamu nginstall FL9 nya. Biasanya kan di Drive C > progaram file > Image Line > FL 9 > Data > Patches > User > Ok.

Nah...kemudian silahkan buka software FL9 nya,  setelah itu; view browser > User > sorot yang diinginkan > klik kanan > fruity slicer channel.




Menggunakan soundpool dengan software Au3 (Adobe Audition 3).
Lebih mudah dan tidak berbelit seperti pada FL. Kalau pada FL memerlukan kejelian dan ketepatan langkah, bila tidak hapal langkah maka  kita dibuat bingung sendiri. 

Maka cukuplah satu gambar saja untuk menerangkan pada Au3. Lihat gambar,  kemudian coba praktekan!
Karena keterangan dan penunjuk sudah ada di gambar.


Menggunakan soundpool dengan software Cubase 5.1

Caranya; buka Software Cubase nya > buat project baru > setting dulu Audio set up nya.
Nah setelah seting selesai baru, ikuti langkah berikut:
          Media > Open pool window > impor > cari sumber soundpool di mana kamu menyimpannya > Ok > klik kanan, insert into project > at cursor.

Lebih jelas bisa lihat gambar;


Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar