Sabtu, 14 Mei 2011

Cara Mudah Mendokumentasikan Lagu Pada Not Balok melalui GP5 (midi cubase to GP5)

Mendokumentasikan lagu, bilamana kamu sudah biasa membuat lagu sendiri. Sayang rasanya bilamana hasil karya kita terbuang percuma begitu saja. Walaupun misalnya ada dokumentasi lagu kita pada VCD, namun ada kemungkinan VCD yang kita simpan lambat-laun akan lapuk (bilamana tidak tersimpan apik akan jamuran). Atau ada kemungkinan VCD yang kita simpan error karena pengaruh goresan atau rusak. Nah untuk menanggulangi ini kita bisa dokumentasikan lagu kita pada not balok (dokumentasi tertulis), berikut kita dokumentasikan juga lewat file berextensi.GP atau midi.
Langkahnya:
  1.  Buatlah lagu kita seluruhnya menggunakan midi. Misalnya kita gunakan software Cubase.5, kita pilih instrument-instrument midi yang ada pada cubase. Alunan vokal kita mainkan dengan suara melodi instrument juga. Berapa track ? Terserah, mau berapa track. Semakin banyak track yang kita gunakan mungkin lagu yang kita buat akan mendekati sempurna. 
  2.  Setelah selesai menggarap lagu pada midi Cubase, kemudian kita eksport. Pilih > File > Ekspor > Midi > Ok. Contoh lihat gambar di bawah ini;
3. Buka software Guitar Pronya (terserah GP4, GP5 atau yang terbaru GP6). Contoh disini saya gunakan GP 5. Pilih > File > Import > Midi > Ok. Lebih jelas lihat gambar di bawah ini;
6. Kelompokan antara midi instrument (bernada) dan midi percusion (drum). Untuk midi perkusi pilih add track (tanda panah biru), berikutnya langkah ke 2 masukan ke dalam track.
7. Masukan juga midi intrument sekaligus melalui ekspor (tanda panah merah).
8. Kita siap mengedit not balok lagu kita di GP (misalnya; judul lagu, penyanyi, karya, penulis not dan lyrik lagu). Lyrik lagu kita sebaiknya ditulis pada instrument utama pengganti vokal.

Selamat mencoba...dan selamat membukukan karya  pada not balok. Atau kalau kamu terobsesi lagumu melanglangbuana bisa gabung dan diupload format file GP nya di Ultimate Guitar Tabs Archive.
Sementara situs tersebut masih di dominasi kelompok band mancanegara, kelompok band dari Indonesia masih terhitung jari, apalagi dangdut saya cari tidak ada (kita akui kita masih sedikit alergi teknologi, dikiranya nulis dengan not balok susah......padahal ....coba saja sendiri langkah di atas tadi. Sungguh mudah sekali ).

Selamat dan sukses buat kelompok band yang membaca tulisan ini. Salam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar