Selasa, 21 Desember 2010

Taking (input) Audio tanpa Mixer

Take/input  audio tapi tanpa mixer bisa  'gak? Itulah sekilas pertanyaan bagi mereka yang ingin mencoba membuat musik digital (yang sekarang sedang digandrungi - dengan alasan untuk menghemat anggaran dan mengembangkan kreataifitas). Jawabannya bisa. Bisa ....sekali.
Cuma ada alat lain yang harus disiapkan supaya input audio bisa dioptimalkan  diantaranya:
1. Tape recorder (combo/portable)  yang ada pasilitas headphone dan mic
      di bagian depannya.
2. Ada chanel CD IN dan LINE OUT di bagian belakangnya.
3. Siapkan kabel Audio input stereo 2 (Rp. 15.000 x 2 ), banyak tersedia di
     toko elektronik.
4. Sound kontrol, gunakan sound active biasa yang hanya memiliki pitur bas dan trebel saja. (jangan pakai sound active yang ada equalizer nya, nanti hasil kita tidak objektif)
                                                              Kabel Audio in/out(stereo)








Caranya:
- Pasang kabel audio tadi di jalur LINE OUT kemudian hubungkan pada chanel input di komputer (biasanya tanda warna merah/bergambar mic).
- Pasang juga kabel audio satu lagi pada chanel OUTPUT komputer ke INPUT sound kontrol.
- Sudah beres ..ya sudah kita hidupkan komputer dan siap bekerja membuat projek lagu-lagu. Sayang lagu kalau tidak segera di garap nanti lupa....karena tabiat orang  biasanya kalau lagi mood kemudian langsung bekerja maka hasilnya akan jauh lebih baik/memuaskan dari pada setengah dipaksakan....

- Atur volume pada tape recorder jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil (alias sedang-sedang saja). Patokannya begini coba buka Softwar FL nya > setting audionya > buka chanel mixer > clik output master (sesuaikan dengan audio driver komputermu) > clik insert1 pada layar mixer > clik audio input (isi sesuai dengan audio drivermu > ambil mic ( tes....tes....te...atau cek.....cek....cek...). Lihat warna indikator pada mixer bila terlalu besar dan berwarna merah maka turunkan segera volume.....hingga    
berwarna maksimal kuning saja.
- Untuk merekam: clik Insert1 > clik kanan > audio logger > play (pada layar utama jangan pada edison)  






Sound Control 
 (Secara ekonomis, jangan yang mahal-mahal dulu yang penting fungsinya, nanti kalau dah pinter silah kan..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar